Seperti kita mafhum bersama, bahwa bahasa/skrip yang di pakai pada Game Engine unity salah satunya adalah bahasa C#. Di Unity sendiri ada beberapa Method utama yang harus kita kuasai dan fahami. Karana method ini sering kali digunakan dalam pembuatan game atau aplikasi lainnya. Berikut adalah method-method C# unity.
Void Awake
Void Awake adalah method yang akan dieksekusi terlebih dahulu sebelum Method Void Start().
contoh :
void Awake(){
pintu = GetComponent();
gerbang = GameObject.Find("gerbang");
jenisKaca = kusen.GetComponent();
darahUtama = GetComponent();
}
Void Start
Void Start() methode yang di eksekusi hanya satu kali dan di awal saat program dijalankan. Biasanya di methode ini adalah tempat mendeklarasikan variabel awal, splash screen , intro video, dll yang hanya ingin di jalankan pada awal program
contoh :
void Start(){
tebalTembok = 150;
bolLampuOn = false;
bolSaklar = false;
Phi = 3.14159265;
}
Void Update
Void Update() mthode yang di ekseksekusi realtime frame per frame. Jadi listing program akan terus dieksekusi selama program berjalan. Hampir mirip denga proses looping tapi berbeda prinsip kerjanya. Void Update ini digunakan juga untuk mengeksekusi perintah yang selalu berubah sesuai kondisi, variable yang kita deklrasikan di awal.
Contoh :
void Update(){
time += Time.DeltaTime;
Debug.Log("Kondisi Saklar lamu " + bolLampuOn);
if(bolSaklar == true) {
bolLampuOn = true;
SetMalamHari();
}
}
Void LateUpdate
LateUpdate ini method sama dijalankan frame per frame di belakangkan atau methode void Update dieksekusi , contoh yang paling sering digunakan ketika ketika kita ingin camera mengikuti gerakan pemain.
Contoh :
void LateUpdate(){
transform.Translate(0, Time.deltaTime, 0);}
Void FixedUpdate
FuxedUpdate ini hampir sama fungsinya dengan method void Update(), perbedaannya adalah void Update() lebih fokus ke perubahan grafis game dan void FixedUpdate() lebih fokus ke perubahan fisik pada objek. misalnya fisik rigidBody, collider, dll
Contoh :
void FixedUpdate(){
rb.AddForce(10.0f * Vector3.up);
}
Void Awake
Void Awake adalah method yang akan dieksekusi terlebih dahulu sebelum Method Void Start().
contoh :
void Awake(){
pintu = GetComponent();
gerbang = GameObject.Find("gerbang");
jenisKaca = kusen.GetComponent();
darahUtama = GetComponent();
}
Void Start
Void Start() methode yang di eksekusi hanya satu kali dan di awal saat program dijalankan. Biasanya di methode ini adalah tempat mendeklarasikan variabel awal, splash screen , intro video, dll yang hanya ingin di jalankan pada awal program
contoh :
void Start(){
tebalTembok = 150;
bolLampuOn = false;
bolSaklar = false;
Phi = 3.14159265;
}
Void Update
Void Update() mthode yang di ekseksekusi realtime frame per frame. Jadi listing program akan terus dieksekusi selama program berjalan. Hampir mirip denga proses looping tapi berbeda prinsip kerjanya. Void Update ini digunakan juga untuk mengeksekusi perintah yang selalu berubah sesuai kondisi, variable yang kita deklrasikan di awal.
Contoh :
void Update(){
time += Time.DeltaTime;
Debug.Log("Kondisi Saklar lamu " + bolLampuOn);
if(bolSaklar == true) {
bolLampuOn = true;
SetMalamHari();
}
}
Void LateUpdate
LateUpdate ini method sama dijalankan frame per frame di belakangkan atau methode void Update dieksekusi , contoh yang paling sering digunakan ketika ketika kita ingin camera mengikuti gerakan pemain.
Contoh :
void LateUpdate(){
transform.Translate(0, Time.deltaTime, 0);}
Void FixedUpdate
FuxedUpdate ini hampir sama fungsinya dengan method void Update(), perbedaannya adalah void Update() lebih fokus ke perubahan grafis game dan void FixedUpdate() lebih fokus ke perubahan fisik pada objek. misalnya fisik rigidBody, collider, dll
Contoh :
void FixedUpdate(){
rb.AddForce(10.0f * Vector3.up);
}
Belum ada tanggapan untuk "Method dalam Unity3D – Unity C# Dasar-1"
Posting Komentar